Selasa, 09 Oktober 2012


Keterkaitan hubungan antara kebudayaan, bahasa dan masyarakat
Definisi Masyarakat adalah kelompok manusia yang mendiami suatu tempat tertentu, saling tergantung satu sama lain untuk kelangsungan hidupnya.
Definisi budaya adalah seperangkat peraturan yang apabila dipenuhi oleh suatu anggota masyarakat, menghasilkan perilaku yang dianggap layak dan dapat diterima oleh para anggotanya.
Definisi Bahasa adalah system untuk mengkomunikasikan, dalam bentuk lambing, segala macam informasi
Keterkaitan dari ketiga sub itu adalah budayaan yg terdiri niali-nilai, kepercayaan, dan persepsi abstrak tentang jagat raya di balik perilaku manusia, dan yang tercermin dalam perilaku. Semua itu adalah milik bersama para anggota masyarakat, dan apabila orang berbuat sesuai dengan itu, maka perilaku mereka dianggap dapat di terima dalam masyarakat. Kebudayaan tersebut dipelajari melalui sarana bahasa. Tingkat kelas dan status masyarakat yang menggunakan bahasa akan mempengaruhi cara mereka menggunakan bahasanya. Di samping itu, masyarakat berkomunikasi tentang apa yang mempunyai arti bagi mereka, dan apa yang berarti atau tidak berarti itu ditentukan oleh kebudayaan khusus masyarakat itu sendiri. Jadi dapat disimpulkan ketiga sub tersebut memiliki keterkaitan yang erat dan tidak dapat dipisahkan dalam jati diri seseorang sebagai masyarakat.
Contohnya setiap masyarakat di daerah tertentu pasti memiliki budaya masing-masing dan bahasa mereka juga berbeda-beda jadi seorang manusia tidak bisa hilang dari ketiga sub tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar